Selasa, 27 Maret 2012

Pengaruh Perdagangan Internasional, Distribusi Pasar, Dan Daya Saing Terhadap Pertumbuhan Nilai Ekspor Kopi Indonesia 1992 – 2011

oleh : Arus Reka Prasetia

(Publikasi pada : Proceeding Seminar Nasional Akuntansi - Bisnis (SNAB) 2012, 27 Maret 2012, ISSN : 2252-3936)

ABSTRACT
Indonesia, as one of country of coffee exporting in the world, has given influence and contribution that reality in world trade. Now, Indonesia becomes one of biggest country of coffee exporting in the world. Coffee, as one of important commodity in the world, gives also significant influence to Indonesia economics. Influence is referring especially for trade sector and agriculture. Target in this research is to know that international trade, market distribution, and competitive ability has an effect on in simultaneous and partial to the growth of Indonesia’s coffee export value during in 1992-2011. Method as used in this research is the method of regression analysis. Constant Market Share Analysis (CMSA) is a method of analysis to know performance of exporting commodity from a country, where this analysis can see performance of exporting commodity a country to performance of exporting for commodity in common from the other country it’s that conduct exporting activity to countries of exporting target around the world. This analysis will select because from the growth of export commodity value or increase of exporting commodity become four parts, that is increase of world exporting commodity or world trade (international trade), composition of exporting commodity from pertinent country, market distribution of exporting commodity, and competitive ability from exporting commodity referred.
Keywords: CMSA, international trade, composition commodity, competitiveness.

PENDAHULUAN
Aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh suatu negara, termasuk perdagangan internasional, merupakan salah satu bentuk kegiatan ekonomi yang cukup penting dan signifikan dalam menentukan tingkat kemajuan ekonomi dari negara tersebut. Perdagangan, dengan pelbagai aktivitasnya, akan menjadi salah satu kesempatan dalam meningkatkan pendapatan serta memperluas kesempatan kerja bagi masyarakat dan menanggulangi kesulitan ekonomi.
Indonesia, sebagai salah satu negara di dunia yang memiliki pelbagai sumber daya, saat ini sedang melaksanakan dan melanjutkan pembangunan secara berkala, dimana dalam menjalankan pembangunannya membutuhkan pelbagai jenis barang dan jasa. Barang dan jasa tersebut dapat diperoleh dari dalam negeri dan ada pula yang diimpor dari negara lain dengan pelbagai jenis, sifat dan karakteristik produknya.
Aktivitas untuk melakukan kegiatan impor dari pelbagai barang dan jasa dari negara-negara pengimpor ini diperlukan alat pembayaran yang berupa mata uang asing dalam setiap transaksinya. Ragam upaya untuk memperoleh mata uang asing ini sangat banyak, salah satunya adalah dengan melakukan aktivitas ekspor, sehingga pembangunan di Indonesia selayaknya tetap berjalan dengan lancar dan baik, dimana segala aktivitas ekspor dengan negara-negara tujuan ekspor harus lebih ditingkatkan, baik volume maupun nilai ekspornya.
Ekspor merupakan berbagai komoditi yang terdiri dari beragam jenis produk, baik berupa . . . .. . . . . (baca_selengkapnya )

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
E:\K A N A I D I\Data\My Docu\aKEN\PENELITIAN\Call Paper\SNAB 2012_UTAMA\17. Bisnis Internasional_ISSN 2252-3936

Tidak ada komentar:

Posting Komentar