Selasa, 27 Maret 2012

Faktor-Faktor Penghambat Penerapan E-commerce oleh UKM di Negara Maju dan Negara Berkembang

Oleh : Yenny Purwati & Imelda Christine

(Publikasi pada : Proceeding Seminar Nasional Akuntansi - Bisnis (SNAB) 2012, 27 Maret 2012, ISSN : 2252-3936)

Abstract
E-commerce can be an important source of competitive advantage for most business organizations, especially Small and Medium-sized (SMEs) businesses. The use of Electronic Commerce (EC) technologies enables SMEs to improve their efficiency and competitive position. MacGregor (2003) suggests that SMEs have been slow to adopt Electronic Commerce (E-Commerce) despite the benefits these businesses should be able to achieve. Some available studies related to SMEs reveal that they lag behind and are skeptical about adopting the technologies irrespective of their effectiveness. This study has, based on an extensive review of literature on e-commerce adoption by SMEs in order to determine barriers that they face in developed and developing countries. Kapurubandara and Lawson (2006) model is used to classify various factors as internal and external barriers. The results of this study support research conducted by Kartiwi and MacGregor (2006. This study found that majority inhibitory factors in implementing e-commerce are same for developed and developing countries.
Keywords
: SMEs, internal barriers, external barriers, developed countries, developing countries

Pendahuluan
Perkembangan internet pada akhir tahun 1990 memunculkan fenomena yang dinamakan electronic commerce (e-commerce). E-Commerce merupakan aplikasi dari informasi berbasis teknologi website yang meliputi proses bisnis, transaksi, informasi pembelian dan penjualan produk dan jasa dengan menggunakan jaringan komputer (Kalakota dan Whinston, 1997 dalam Love dkk, 2001). Kartini dkk (2006) serta Riquelme (2002) menyatakan bahwa pemanfaatan e-commerce didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar. Chia Hua dkk (2008) menyatakan bahwa pemanfaatan e-commerce oleh UKM masih sangat rendah. Studi yang dilakukan oleh Jones dan Boxall (2000, dalam Drew, 2003) menyatakan bahwa pada tahun 1997 hanya 33% dari UKM di Eropa yang menggunakan e-mail. Pemanfaatan e-commerce oleh UKM yang masih rendah ini sangat disayangkan karena UKM mempunyai peranan penting dalam perekonomian. Nilai bisnis dari UKM merupakan komponen penting untuk mendukung pemerintahan di banyak negara (Stansfield dan Grant, 2003). E-commerce menyediakan kesempatan yang besar bagi . . . .. . . . . (baca_selengkapnya )


Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
E:\K A N A I D I\Data\My Docu\aKEN\PENELITIAN\Call Paper\SNAB 2012_UTAMA\10. Manajemen Pemasaran_ISSN 2252-3936

Tidak ada komentar:

Posting Komentar